PPDB JALUR AFIRMASI

ATURAN DAN PROSEDUR PPDB JALUR AFIRMASI

1. Persyaratan Peserta

  1. Memiliki Ijazah atau surat tanda tamat belajar SD atau bentuk lain yang sederajat;
  2. Berusia setinggi – tingginya 15 tahun terhitung pada tanggal 1 Juli 2021;
  3. Akta Kelahiran; atau
  4. Surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh kepala desa/lurah;
  5. Foto Copy Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili dari Desa/Kelurahan.
  6. Atau Keterangan Domisili apabila Kartu Keluarga tidak memiliki karena keadaan tertentu (bencana alam dan/atau bencana sosial) yang diterbitkan paling lambat 1 (satu) tahun sebelum dikeluarkannya surat keterangan domisili.

2. Jalur Pendaftaran

Penerimaan siswa baru dilaksanakan melalui 4 jalur sebagai berikut:

  1. Zonasi
    Sekolah wajib menerima calon Peserta Didik Baru yang berdomisili dalam zona paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari jumlah total keseluruhan peserta didik yang diterima.
  2. Afirmasi
    Jalur afirmasi paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung Sekolah.
  3. Perpindah orang tua
    1. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung Sekolah.
    2. Perpindahan tugas sebagaimana dimaksud pada point (1) dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
  4. Prestasi
    Kuota jalur prestasi adalah sisa dari jalur zonasi, afirmasi dan jalur perpindahan orang tua/wali.

3. Tata Cara Pelaksanaan

Prosedur Pendaftaran Peserta Didik Baru

PPDB jenjang SMP pada sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah dilaksanakan melalui Sistem Daring (Dalam Jaringan) dengan kegiatan sebagai berikut :

  • Setiap calon peserta didik baru yang mendaftar ke SMP melalui sistem Daring dapat memilih pilihan maksimal 2 (dua) sekolah sesuai dengan sebaran zonasinya;
  • Pelaksanaan pendaftaran PPDB Sistem Daring melalui situs www.pemalang.siap-ppdb.com atau datang ke sekolah penyelenggara PPDB sistem daring;
  • Semua calon peserta didik baru yang telah melakukan pendaftaran secara daring, mencetak Tanda Bukti Pendaftaran (TBP) online;
  • Pendaftar yang telah mencetak tanda bukti pendaftaran melakukan verifikasi ke sekolah pilihan pertama dengan membawa dokumen persyaratan yang telah ditentukan;
  • Calon peserta didik baru secara daring yang telah melakukan verifikasi pendaftaran akan mendapatkan Tanda Bukti Verifikasi (TBV) pendaftaran;
  • Setiap calon peserta didik baru hanya memiliki satu kali kesempatan melakukan verifikasi pendaftaran;
  • Jurnal pendaftaran peserta didik baru dapat dilihat di situs www.pemalang.siap-ppdb.com atau sekolah penyelenggara PPDB;
  • Calon peserta didik baru yang tidak masuk passing grade di sekolah yang dipilih saat proses seleksi berlangsung dapat mengundurkan diri dengan mencabut berkas pendaftaran.

4. Jadwal Pelaksanaan

No

Kegiatan

SMP

1.

Pendaftaran dan Verifikasi  24 – 26 Juni 2021

2.

Analisis dan Pengesahan

 28 – 29 Juni 2021

3.

Pengumuman

 30 Juni 2021

4.

Daftar Ulang

 1 – 3 Juli 2021

5. PLS

12 – 14 Juli 2021

5. Tempat Pelaksanaan

Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs www.pemalang.siap-ppdb.com atau di sekolah penyelenggara PPDB.

6. Berkas Verifikasi

Berkas pendaftaran yang diserahkan meliputi:

  • Formulir pendaftaran yang telah diisi, ditandatangani oleh calon peserta didik dan orang tua/wali;
  • Fotokopi ijazah SD/MI/SDLB/Program Kejar Paket A yang dilegalisasi. (Apabila Ijazah belum jadi bisa menggunakan surat keterangan lulus);
  • Fotokopi akta kelahiran dengan menunjukan aslinya; atau surat kelahiran yang dilegalisir oleh lurah/kepala desa setempat;
  • Fotokopi kartu keluarga dilegalisir oleh lurah/kepala desa setempat;
  • Pasfoto ukuran 3 X 4 cm, sebanyak 2 lembar (hitam-putih atau berwarna);
  • Untuk jalur afirmasi menyertakan :
    (1) bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu seperti : PKH,KKS,KIS,JAMKESDA, PIP, BSM dan lain-lain;
    (2) surat pernyataan dari orang tua/wali yang menyatakan bersedia diproses secara hukum jika terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu.

7. Dasar Dan Cara Seleksi

Seleksi Masuk SMP

  1. Seleksi jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua/wali sesuai dengan kuota sekolah. Jika melebihi kuota diprioritaskan jarak terdekat tempat tinggal calon siswa dengan sekolah;
  2. Dalam hal calon peserta didik diterima pada 2 (dua) jalur, maka diprioritaskan pada jalur zonasi.

8. Ketentuan Lain

  1. Calon peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) jalur pendaftaran PPDB dalam 1 (satu) wilayah zonasi.
  2. Selain melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur zonasi sesuai dengan domisili dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan, calon peserta didik dapat melakukan pendaftaran PPDB melalui :
    a. jalur afirmasi; atau
    b. jalur prestasi,
    di luar wilayah zonasi domisili peserta didik sepanjang memenuhi persyaratan
  3. Dalam hal penerimaan jalur afirmasi, perpindahan orang tua/wali dan prestasi tidak terpenuhi, maka sisa kuota dialihkan ke jalur zonasi.
  4. Dalam pengumuman pendaftaran peserta didik baru yang dipublikasikan oleh sekolah, wajib dicantumkan daya tampung;
  5. Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di sekolah dikelola oleh Panitia Pelaksana yang dibentuk dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah. Dalam kepanitiaan tersebut, Kepala Sekolah secara ex officio menjadi Penanggung Jawab.
  6. Selama pendaftaran peserta didik baru berlangsung, Sekolah setiap hari wajib mempublikasikan jurnal harian di sekolah atau melalui www.pemalang.siap-ppdb.com ;
  7. Sekolah yang menerima peserta didik baru wajib:
    a. membuat Laporan Pelaksanaan
    b. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selambat-lambatnya dua minggu setelah PPDB selesai.
    c. membuat Laporan Kilat PPDB berisi tentang jumlah pendaftar (L+P) dan jumlah yang diterima (L+P), selambat – lambatnya tanggal 30 Juni 2021.
    Untuk satuan pendidikan laporan PPDB dan laporan kilat PPDB disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang ( Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar);
  8. Dalam hal calon peserta didik diterima pada 2 (dua) jalur, maka diprioritaskan pada jalur zonasi.
  9. Dalam hal terdapat sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maka sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik pada sekolah tempat orang tua/wali bertugas.
  10. Dalam hal jumlah siswa pada pendaftar ulang belum terpenuhi sesuai kuota yang ditentukan, Satuan Pendidikan dapat memenuhinya dari pendaftar dengan pertimbangan jarak.
  11. Bagi SMP Satu Atap dan Sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat yang menerima dana bantuan operasional Sekolah, wajib melaksanakan PPDB Luring (Luar Jaringan) dimulai pada bulan Juni Tahun 2021, dengan ketentuan sebagaimana terlampir;
  12. Penerimaan peserta didik baru SMP Terbuka di Kabupaten Pemalang diatur dalam Petunjuk teknis tersendiri.
  13. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dapat mendaftar sebagai peserta didik program inklusi di sekolah/reguler (SD, SMP), sekolah tersebut wajib menerima sepanjang memenuhi syarat-syarat sebagaimana berlaku. Meskipun demikian, anak berkebutuhan khusus disarankan mendaftar di sekolah yang telah ditetapkan sebagai sekolah penyelenggara program inklusi.
  14. Anak Berkebutuhan Khusus yang mendaftar sebagai peserta didik program inklusi sebagaimana dimaksud, berkas pendaftarannya harus dilampiri rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang (Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar).