PPDB JALUR PRESTASI

ATURAN DAN PROSEDUR PPDB JALUR PRESTASI

1. Persyaratan Peserta

  1. Memiliki Ijazah atau surat tanda tamat belajar SD atau bentuk lain yang sederajat;
  2. Berusia setinggi – tingginya 15 tahun terhitung pada tanggal 1 Juli 2021;
  3. Akta Kelahiran; atau
  4. Surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh kepala desa/lurah;
  5. Foto Copy Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili dari Desa/Kelurahan.
  6. Atau Keterangan Domisili apabila Kartu Keluarga tidak memiliki karena keadaan tertentu (bencana alam dan/atau bencana sosial) yang diterbitkan paling lambat 1 (satu) tahun sebelum dikeluarkannya surat keterangan domisili.

2. Jalur Pendaftaran

Penerimaan siswa baru dilaksanakan melalui 4 jalur sebagai berikut:

  1. Zonasi
    Sekolah wajib menerima calon Peserta Didik Baru yang berdomisili dalam zona paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari jumlah total keseluruhan peserta didik yang diterima.
  2. Afirmasi
    Jalur afirmasi paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung Sekolah.
  3. Perpindah orang tua
    1. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung Sekolah.
    2. Perpindahan tugas sebagaimana dimaksud pada point (1) dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
  4. Prestasi
    Kuota jalur prestasi adalah sisa dari jalur zonasi, afirmasi dan jalur perpindahan orang tua/wali

3. Tata Cara Pelaksanaan

Prosedur Pendaftaran Peserta Didik Baru

PPDB jenjang SMP pada sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah dilaksanakan melalui Sistem Daring (Dalam Jaringan) dengan kegiatan sebagai berikut :

  • Setiap calon peserta didik baru yang mendaftar ke SMP melalui sistem Daring dapat memilih pilihan maksimal 2 (dua) sekolah sesuai dengan sebaran zonasinya;
  • Pelaksanaan pendaftaran PPDB Sistem Daring melalui situs www.pemalang.siap-ppdb.com atau datang ke sekolah penyelenggara PPDB sistem daring;
  • Semua calon peserta didik baru yang telah melakukan pendaftaran secara daring, mencetak Tanda Bukti Pendaftaran (TBP) online;
  • Pendaftar yang telah mencetak tanda bukti pendaftaran melakukan verifikasi ke sekolah pilihan pertama dengan membawa dokumen persyaratan yang telah ditentukan;
  • Calon peserta didik baru secara daring yang telah melakukan verifikasi pendaftaran akan mendapatkan Tanda Bukti Verifikasi (TBV) pendaftaran;
  • Setiap calon peserta didik baru hanya memiliki satu kali kesempatan melakukan verifikasi pendaftaran;
  • Jurnal pendaftaran peserta didik baru dapat dilihat di situs www.pemalang.siap-ppdb.com atau sekolah penyelenggara PPDB;
  • Calon peserta didik baru yang tidak masuk passing grade di sekolah yang dipilih saat proses seleksi berlangsung dapat mengundurkan diri dengan mencabut berkas pendaftaran.

4. Jadwal Pelaksanaan

No

Kegiatan

SMP

1.

Pendaftaran dan Verifikasi  24 – 26 Juni 2021

2.

Analisis dan Pengesahan

 28 – 29 Juni 2021

3.

Pengumuman

 30 Juni 2021

4.

Daftar Ulang

 1 – 3 Juli 2021

5. PLS

12 – 14 Juli 2021

5. Tempat Pelaksanaan

Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs www.pemalang.siap-ppdb.com atau di sekolah penyelenggara PPDB.

6. Berkas Verifikasi

Berkas pendaftaran yang diserahkan meliputi:

  1. Formulir pendaftaran yang telah diisi, ditandatangani oleh calon peserta didik dan orang tua/wali;
  2. Fotokopi ijazah SD/MI/SDLB/Program Kejar Paket A yang dilegalisasi. (Apabila Ijazah belum jadi bisa menggunakan surat keterangan lulus);
  3. Fotokopi akta kelahiran dengan menunjukan aslinya; atau surat kelahiran yang dilegalisir oleh lurah/kepala desa setempat;
  4. Fotokopi kartu keluarga dilegalisir oleh lurah/kepala desa setempat;
  5. Pasfoto ukuran 3 X 4 cm, sebanyak 2 lembar (hitam-putih atau berwarna);
  6. Untuk jalur prestasi menyertakan :
    (1) surat keterangan nilai rata-rata rapor (5 semester terakhir) dan peringkatnya.
    (2) fotokopi sertifikat/piagam penghargaan/bukti prestasi kejuaraan dibidang akademik maupun non akademik yang dilegalisasi oleh institusi yang berwenang. Bukti prestasi didapat paling singkat 6 bulan paling lama 3 tahun dari tanggal pendaftaran.

7. Dasar Dan Cara Seleksi

Seleksi Masuk SMP

  1. Seleksi jalur prestasi berdasarkan jumlah skor peringkat nilai ratarata rapot 5 (lima) semester terakhir, skor prestasi kejuaraan/hasil perlombaan bidang akademis maupun non akademis;
  2. Dalam hal calon peserta didik diterima pada 2 (dua) jalur, maka diprioritaskan pada jalur zonasi.

8. Penambahan Nilai Prestasi

SKOR JALUR PRESTASI

I. Skor Peringkat Nilai Rata-rata Raport

No Peringkat Skor Keterangan
1 I 900  
2 II 875  
3 III 850  
4 IV 825  
5 V 800  
6 VI 775  
7 VII 750  
8 VIII 725  
9 IX 700  
10 X 675  
11 XI 650  
12 XII 625  
13 XII 600  
14 XIV 575  
15 XV 550  
16 XVI 525  
17 XVII 500  
18 XVIII 475  
19 XIX 450  
20 XX 425  
21 XXI 400  
22 XXII 375  
23 XXIII 350  
24 XXIV 325  
25 XXV 300  
26 XXVI 275  
27 XXVII 250  
28 XXVIII 225  
  Diatas XXVIII 200  

 

II. Skor Penghargaan dibidang Akademik/Non Akademik

NO TINGKAT PERINGKAT SKORE
  KEJUARAAN
1 Internasional I Diterima
    II Diterima
    III Diterima
2 Nasional I Diterima
    II Diterima
    III Diterima
3 Provinsi I Diterima
    II Diterima
    III Diterima
4 Kabupaten I 450
    II 350
    III 250

Keterangan :
1. Jenis Prestasi meliputi kejuaraan dalam bidang:

  1. Jenis Prestasi meliputi kejuaraan dalam bidang:
    a. Olah Pikir, contoh: Kompetisi/Olimpiade Sains Nasional (KSN/OSN), Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR), Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN), Lomba Cerdas Cermat Siswa (LCCS), dan lomba lain sejenis yang direkomendasi dan sertifikatnya ditandatangani oleh Instansi Pemerintah/Induk Organisasi yang berwenang.
    b.Olah Rasa/Karsa, contoh : Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), MAPSI, Lomba Literasi Siswa Nasional (LSN), Lomba Cipta Seni Anak Nasional (LCSAN), Lomba Pedalangan, Ketoprak, Theater, dan lomba lain sejenis yang direkomendasi dan sertifikatnya ditanda tangani oleh Instansi Pemerintah/Induk Organisasi yang berwenang.
    c. Olah Raga, contoh: Pekan Olah Raga Pelajar Daerah/Nasional (POPDA /POPNAS), Kompetisi/Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (KOSN/O2SN), Festival Olahraga Tradisional, Pekan Olahraga Kabupaten/Kota/Provinsi, Pekan Olahraga Penyandang Disabilitas Provinsi/Nasional/Internasional, dan lomba lain sejenis yang direkomendasi dan sertifikatnya ditandatangani oleh Instansi Pemerintah/Induk Organisasi yang berwenang. Prestasi kejuaraan dapat berupa kejuaraan perseorangan atau tim (dengan jumlah pemain maksimal 17 orang)
    d.Kepemudaan, contoh: Kepramukaan (Pesta Siaga, Lomba Tingkat, Lomba Cerdas Cermat Pramuka, Jambore Daerah/Nasional), dan lomba lain sejenis yang direkomendasi dan sertifikatnya ditandatangani oleh Instansi Pemerintah/Induk Organisasi yang berwenang. Prestasi kejuaraan dapat berupa kejuaraan perseorangan atau beregu (dengan jumlah pemain maksimal 10 orang)
  2. Kejuaraan dari negara lain (asing) nilainya dihargai sama dengan tingkat nasional
  3. Bila calon peserta didik yang memiliki lebih dari satu prestasi kejuaraan pada 1 (satu) bidang, maka yang diperhitungkan hanya satu jenis prestasi kejuaraan yang skornya tertinggi.
  4. Prestasi termaksud yang dapat diakui adalah yang diperoleh dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir (1 Juli 2018 s.d. 31 Desember 2020)
  5. Penyelenggara kejuaraan haruslah instansi atau organisasi formal yang berkompeten, misalnya instansi pemerintah, organisasi profesi yang sesuai dengan bidang lomba, dan organisasi di bawah pembinaan instansi terkait.
  6. Untuk menghindari pemalsuan sertifikat/piagam/bukti prestasi kejuaraan, maka bukti prestasi kejuaraan sebelum digunakan untuk pendaftaran, terlebih dulu dimintakan legalisasi.
    a. Untuk prestasi kejuaraan tingkat internasional, nasional dan provinsi, bukti prestasi kejuaraan dilegalisasi sesuai dengan ketentuan dalam Edaran Bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Nomor 420/02525, 420/1965, 420/395 tentang Legalisasi Piagam dan atau Sertifikat Kejuaraan/Lomba dalam rangka Pemberian Apresiasi Potensi/Bakat dan Prestasi Guna Pembinaan Berkelanjutan pada Jenjang Pendidikan di Provinsi Jawa Tengah (Semarang, 18 April 2016);
    b. Untuk prestasi kejuaraan tingkat Kabupaten, bukti prestasi kejuaraan dilegalisasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang (c.q. Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar).

III. Perhitungan Nilai Akhir Jalur Prestasi
NA = Σ (A + B + C)
Keterangan :
NA = Nilai Akhir
A = Skor Peringkat nilai rerata Rapot
B = Skor Prestasi Kejuaraan Akademis
C = Skor Kejuaraan Non Akademis

9. Ketentuan Lain

  1. Calon peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) jalur pendaftaran PPDB dalam 1 (satu) wilayah zonasi.
  2. Selain melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur zonasi sesuai dengan domisili dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan, calon peserta didik dapat melakukan pendaftaran PPDB melalui :
    a. jalur afirmasi; atau
    b. jalur prestasi,
    di luar wilayah zonasi domisili peserta didik sepanjang memenuhi persyaratan
  3. Dalam hal penerimaan jalur afirmasi, perpindahan orang tua/wali dan prestasi tidak terpenuhi, maka sisa kuota dialihkan ke jalur zonasi.
  4. Dalam pengumuman pendaftaran peserta didik baru yang dipublikasikan oleh sekolah, wajib dicantumkan daya tampung;
  5. Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di sekolah dikelola oleh Panitia Pelaksana yang dibentuk dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah. Dalam kepanitiaan tersebut, Kepala Sekolah secara ex officio menjadi Penanggung Jawab.
  6. Selama pendaftaran peserta didik baru berlangsung, Sekolah setiap hari wajib mempublikasikan jurnal harian di sekolah atau melalui www.pemalang.siap-ppdb.com ;
  7. Sekolah yang menerima peserta didik baru wajib:
    a. membuat Laporan Pelaksanaan
    b. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) selambat-lambatnya dua minggu setelah PPDB selesai.
    c. membuat Laporan Kilat PPDB berisi tentang jumlah pendaftar (L+P) dan jumlah yang diterima (L+P), selambat – lambatnya tanggal 30 Juni 2021.
    Untuk satuan pendidikan laporan PPDB dan laporan kilat PPDB disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang ( Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar);
  8. Dalam hal calon peserta didik diterima pada 2 (dua) jalur, maka diprioritaskan pada jalur zonasi.
  9. Dalam hal terdapat sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maka sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik pada sekolah tempat orang tua/wali bertugas.
  10. Dalam hal jumlah siswa pada pendaftar ulang belum terpenuhi sesuai kuota yang ditentukan, Satuan Pendidikan dapat memenuhinya dari pendaftar dengan pertimbangan jarak.
  11. Bagi SMP Satu Atap dan Sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat yang menerima dana bantuan operasional Sekolah, wajib melaksanakan PPDB Luring (Luar Jaringan) dimulai pada bulan Juni Tahun 2021, dengan ketentuan sebagaimana terlampir;
  12. Penerimaan peserta didik baru SMP Terbuka di Kabupaten Pemalang diatur dalam Petunjuk teknis tersendiri.
  13. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dapat mendaftar sebagai peserta didik program inklusi di sekolah/reguler (SD, SMP), sekolah tersebut wajib menerima sepanjang memenuhi syarat-syarat sebagaimana berlaku. Meskipun demikian, anak berkebutuhan khusus disarankan mendaftar di sekolah yang telah ditetapkan sebagai sekolah penyelenggara program inklusi.
  14. Anak Berkebutuhan Khusus yang mendaftar sebagai peserta didik program inklusi sebagaimana dimaksud, berkas pendaftarannya harus dilampiri rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang (Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar).